Ketua P2I Ikuti Seminar Da’I Islam Moderat di Batulicin Kalsel

Ketua P2I ikuti seminar Da’i Islam Moderat di PP Darul Ijabah Batulicin Kalsel, pada acara yang berlangsung dua hari itu (6-7 September 2018) ketua P2i menyampaikan makalahnya berjudul Menata Pembaharuan Pesantren Pasca 2000an. dalam paparannya disampaikan bahwa pesantren mendidik kebebasan berpikir dimulai dari; menentukan kitab yang diajarkan, metode pembelajaran, model evaluasi, kegiatan yang ada, aktivitas Kiai, Wejangan2nya, dan karya kiai, serta slogan2 sekitar/lingkungan pondok dan pendidikan keorganisasian.

Adapun mengenai penataan pesantren menurutnya berkisar pada beberapa persoalan anata lain; tata kelola, SDM, kemandirian, hubungan dengan masyakarat, media, sarana dan budaya pesantren/sanitasi, sarana olahraga, nilai2 pesantren dan aktivitas sosial, serta keterlibatan dalam pembuatan regulasi dan penguatannya. Untuk mencapainya diperlukan Persatuan Pengasuh Pesantren, sehingga tercipta sinergi antara para pengasuh pesantren dan organisasi kepesantrenan.

Selain menyampaikan persentasi melalui acara tersebut juga ketua dan wakil ketua P2I melakukan sosialiasi organisasi kepada para pengasuh pesantren yang hadir dari wilayah Kalsel dan kaltim serta Sulsel.

Link Berita