Dari Pertemuan Wakil Rektor Universitas Islam Madinah Dengan Para Pengasuh Pesantren

Kunjungan Prof Dr. Ibrohim Bin Ali Al-Ubaid, dan Prof. Dr. Mahmud Bin Abdurrahman Qodah Wakil Rektor Universitas Islam Madinah (UIM) ke Indonesia yang dipasilitasi oleh Pesantren Darunnajah Jakarta, diawali dengan cara pertemuan dengan sejumlah kiai pengasuh peantren,selanjutnya pada hari Senin 26 Maret mereka diagendakan bertemu dengan Menteri Agama, Dirjen Pendis dan Direktur PD Pontren.
Pada Pertemuan di Shangri La, Hotel Jakarta, Sabtu, 24 Maret 2018 disampaikan beberapa hal berikut:
  1. Kerjasama Indonesia – UIM sdh berjalan lbh dari 30 tahun, perlu dilestarikan dan ditingkatkan.UIM hampir setengah abad berdiri, dan telah meluluskan lebih dari 70.000 sarjana dari lebih 150 warga negara di seluruh dunia (salah satunya adalah WNI).
  2. Saat ini, tiap tahun ada kuota 300 beasiswa full utk mahasiswa Indonesia di UIM. Kuota ini dirasakan kedua belah pihak perlu ditambah, mengingat demografi Indonesia yg besar, dan UIM menyetujuinya.Penambahan kuota disepakati dg sistem “beasiswa berbayar” _(al-minhah al-madfu’atus-saman)_, yaitu 30 ribu Reyal Saudi per tahun per mahasiswa.Beasiswa yang diterma oleh tiap mahasiswa di UIM, per tahun mencapai 75 ribu Reyal Saudi, meliputi tiket kedatangan, tiket liburan, uang saku bulanan, makan, tempat tinggal, uang buku, uang kesehatan, dll.
  3. Untuk yang tambahan kuota, mahasiswa cukup bayar 30 ribu reyal saja, dan akan mendapatkan fasiltas tsb di atas senilai 75 ribu reyal.
  4. Disepakati utk memperbanyak seminar, pelatihan2 dan kerjasama keilmuan lainnya./ARM